What is the text about?
A girl named Matilda.
Matilda, a favourite book.
The story of Matilda.
A book titled Matilda.
Kunci jawaban : B
Pembahasan : Kata pertama menunjukkan topic esai descriptive, yaitu Matilda, judul buku favorit penulis.
Indikator : Menentukan pokok pikiran paragraph dalam esai pendek berbentuk descriptive.
Indikator soal : Disajikan sebuah esai descriptive pendek tentang benda kesayangan, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran paragraf dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
What does paragraph 2 tell?
Name of the book and why it’s favourite.
The professor in Matilda’s school.
Matilda’s school experience.
Hard life of Matilda.
Kunci jawaban : C
Pembahasan : Inti cerita di paragraph 2 adalah pengalaman Matilda di sekolah, yaitu diajar oleh guru yang kurang simpatik walaupun ada satu orang yang baik pada Matilda.
Indikator : Menentukan informasi rinci dalam esai pendek berbentuk descriptive.
Indikator soal : Disajikan sebuah esai descriptive pendek tentang benda kesayangan, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
Why did the family leave Matilda?
They disliked her.
She hated them.
The professor asked them.
They had law problem.
Kunci jawaban : D
Pembahasan : Frase “because of problems with the law” menunjukkan mereka berurusan dengan hukum.
Indikator : Menentukan rujukan kata dalam esai pendek berbentuk descriptive.
Indikator soal : Disajikan sebuah esai procedure pendek tentang benda kesayangan, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang rujukan kata dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
What does “they” in “they let her in custody of the teacher” refer to?
A foster family.
Matilda and Professor.
A teacher and children.
Matilda’s parents.
Kunci jawaban : D
Pembahasan : Kata benda jamak sebelum kata “they” dalam kalimat ini Cuma parents. Jadi they merujuk pada Matilda’s parents.
Read Text 11 to complete the blanks of questions 25 to 27.
Text 11
Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi esai pendek berbentuk recount sederhana.
Indikator soal : Disajikan sebuah esai recount pendek sederhana tentang sejarah dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata benda yang tepat untuk melengkapinya.
Soal :
A. telephone
car
airplane
helicopter
Kunci jawaban : C
Pembahasan : Wright bersaudara terkenal sebagai pencipta pesawat terbang. Di kalimat kedua pun ada keterangan “they took their plane”. Jadi kata yang tepat adalah airplane.
Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi esai pendek berbentuk recount sederhana.
Indikator soal : Disajikan sebuah esai recount pendek sederhana tentang sejarah dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya.
Soal :
A. drive
fly
direct
steer
Kunci jawaban : B
Pembahasan : Terkait dengan kalimat “they took their plane”. Jadi kata yang tepat
adalah untuk menerbangkan pesawat adala “fly”.
Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi esai pendek berbentuk recount sederhana.
Indikator soal : Disajikan sebuah esai recount pendek sederhana tentang sejarah dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata sifat yang tepat untuk melengkapinya.
Soal:
A. great
spectacular
new
amazing
Kunci jawaban : C
Pembahasan : kata age= zaman, lebih tepat di gandengkan dengan kata new, terkait juga dengan penciptaan pesawat.
Read Text 12 to answer questions 28 to 30.
Text 12
Indikator : Menentukan informasi tertentu dalam esai pendek berbentuk narrative.
Indikator soal : Disajikan sebuah esai narrative pendek tentang fabel, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
Where did the Fox lead the Ass to?
The Lion.
The trouble.
The pit.
The death.
Kunci jawaban : C
Pembahasan : Dalam “it managed to lead him by a hidden pit“ sudah jelas bahwa the Fox lead the Ass to the hidden pit.
Indikator : Menentukan pikiran utama paragraf dalam esai pendek berbentuk narrative.
Indikator soal : Disajikan sebuah esai narrative pendek tentang fabel, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pikiran utama paragraf dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
What does paragraph 2 tell?
The Fox and the Ass.
The Fox’s evil plan.
The Lios hunger.
The Ass’s fool.
Kunci jawaban : B
Pembahasan : Inti cerita dalam paragraph 2 sudah jelas bahwa ada rencana jahat (evil plan) the Fox untuk menyelamatkan diri dari the Lion dengan mengajukan the Ass untuk dimakan the Lion.
Indikator : Menentukan pesan moral dalam esai pendek berbentuk narrative.
Indikator soal : Disajikan sebuah esai narrative pendek tentang fabel, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pesan moral dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
What lesson does the text teach?
If you betray a friend, you’ll trouble yourself.
If you have a friend, you have to be careful.
If you have enemy, never trust him/her.
If you meet danger, go away.
Kunci jawaban : A
Pembahasan : Dalam cerita ternyata rencana jahat the Fox untuk menyelamatkan diri dari the Lion dengan mengajukan the Ass untuk dimakan the Lion tidak berjalan baik. Justru yang dimakan terlebih dulu oleh the Lion adalah the Fox sendiri. Ini berarti jika mau mencelakai orang lain, kita bisa terkena celaka sendiri. Pilihan A yang paling tepat.